Inilah Beda Intan dan Berlian yang Harus Kamu Ketahui

Posted on

Faktanya, banyak orang yang masih tidak mengerti beda intan dan berlian. Tidak dipungkiri bahwa beda intan dan berlian ini memang seringkali membuat orang kebingungan. Sebab dalam dunia gemstone, ada banyak sekali istilah yang keluar dari nama ilmiahnya. Satu hal yang perlu Anda pahami bahwa intan bukanlah batuan melainkan mineral. Intan juga bukan terbentuk dari batubara. Sedangkan berlian merupakan intan yang telah mengalami tahapan pemrosesan. Sebelum membahas tentang beda intan dan berlian, ada baiknya jika Anda mengenal apa yang dimaksud dengan intan dan berlian terlebih dahulu. Berlian muncul di bumi antara 1 hingga 3,3 miliar tahun lalu. Pertama kali berlian di tambang dan dikenali di India.

Baca juga: Silika sebagai Kelompok Mineral Pembentuk Batuan

Intan merupakan jenis bahan galian yang masuk dalam golongan A yang masih mentah. Intan yang masih baru didapatkan dari raw material atau tambang. Sementara berlian merupakan intan yang sudah mengalami pengolahan seperti proses penggosokan. Berlian juga sudah mengalami proses pembentukan berdasarkan kaidah pemotongan. Berlian sudah siap diolah menjadi berbagai macam perhiasan seperti gelang, cincin, kalung dan lain sebagainya. Beda intan dan berlian memang sangat unik karena bisa terlihat dari sifat fisik dan kimianya. Intan memiliki refraksi, kekerasan, kilau dan dispersi yang tinggi. Hal inilah yang membuat intan memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Keberadaannya yang langka juga membuat mineral ini dibanderol dengan harga mahal. Harga intan ditentukan oleh warna serta cara pemotongannya.

Semakin bagus warna dan kehalusan pemotongannya, maka semakin mahal pula intan tersebut. Selain diolah menjadi bahan perhiasan, intan juga bisa dipakai sebagai konduktivitas mikroelektronik, membran penutup mesin x-ray, microbearing di dalam jarum jam tangan serta selaput getar yang ada di speaker. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah beda intan dan berlian yang harus Anda ketahui.

1. Proses pengolahannya

Beda intan dan berlian bisa dilihat dari proses pengolahannya. Intan adalah batu berlian mentah yang pada dasarnya belum mengalami pengolahan apapun. Intan berasal dari mineral karbon alami dan murni yang telah mengalami proses pengkristalan di dalam lapisan bumi secara kimiawi. Waktu yang dibutuhkan untuk proses kristalisasi tersebut bisa mencapai ratusan bahkan jutaan tahun lamanya. Intan memiliki karakteristik yang sangat menarik dan istimewa. Hal ini terlihat dari tingkat kekerasan mineral intan yang sangat sempurna yakni 10 skala Mohs. Banyak peneliti yang mengklaim bahwa intan adalah batu mineral terkeras di dunia. Hal inilah yang membuat mineral ini begitu menarik di mata siapapun. Tak hanya itu, intan juga bisa mendispersikan cahaya seperti prisma ketika mengenainya. Lalu, apa beda intan dan berlian?

Berlian adalah intan yang belum diolah. Artinya berlian sama dengan intan hanya saja untuk mengubah mineral intan untuk menjadi berlian dibutuhkan proses yang tidak mudah. Manusia harus bisa mengolah berlian dengan baik agar bisa dijual di pasaran. Keberhasilan proses ini dipengaruhi oleh 4 hal yakni warna, potongan, carat dan clarity. Beda intan dan berlian kini sangat jelas bukan? Setelah intan diubah menjadi berlian, maka mineral tersebut sudah bisa dipakai untuk membuat kalung, cincin, bros, gelang dan perhiasan lainnya.

 

2. Tingkat kecerahan

Beda intan dan berlian selanjutnya bisa dilihat dari tingkat kecerahannya. Perlu diketahui bahwa berlian memiliki tingkat kecerahan yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan batu mineral intan. Hal ini dikarenakan sudah adanya tahap pengolahan berlian seperti tahapan penggosokan. Sehingga berlian tampak lebih cerah dari intan.

 

perbedaan intan dengan berlian

 

3. Asal usul

Anda yang penasaran dengan beda intan dan berlian tentu bisa mengetahuinya dari asal-usul kedua istilah dalam gemstone ini. Intan adalah bahan tambang atau raw material murni yang diperoleh langsung dari alam. Lain halnya dengan berlian yang pada dasarnya berasal dari intan. Dalam hal ini, intan telah mengalami proses pembentukan dan pemolesan sehingga berganti nama menjadi berlian. Untuk mengolah intan menjadi berlian, deretan kaidah pemotongan yang harus diikuti. Sudah paham dengan beda intan dan berlian?

 

4. Bentuknya

Beda intan dan berlian dalam perspestif geosains juga bisa dilihat dari bentuknya. Dalam hal ini, intan adalah mineral yang berasal dari karbon dalam bentuk kristal atau alotrop. Sementara berlian merupakan bentuk potongan dari batu mulia seperti intan. Tentu saja bentuk intan tidak beraturan sedangkan berlian sudah lebih teratur dan indah ketika dipandang.

 

5. Harga

Tidak dapat dipungkiri bahwa harga juga menjadi pembeda intan dan berlian. Banyak hal yang mempengaruhi harga intan dan juga berlian. Beberapa diantaranya adalah usia, ukuran, karat, keunikan, legalitas, serta kepopulerannya.

 

Beda Intan dan Berlian Berdasarkan Proses Pembentukannya

Dalam dunia geosains, beda intan dan berlian sebenarnya hanya terletak dari pengolahan dan bentukannya. Karena kedua istilah tersebut pada dasarnya menunjukkan jenis batu mineral yang sama. Intan atau berlian adalah mineral yang paling keras sekarang ini. Komposisi kimia intan sama dengan grafit yakni karbon. Beda intan dan berlian juga bisa dilihat dari kualitas fisiknya. Dimana kualitas fisik ini sangat dipengaruhi oleh ikatan antara kristal transparannya. Masing-masing atom karbon dalam intan saling berkaitan dengan 4 jenis atom karbon lainnya. Semua karbon saling berhubungan dengan erat sehingga menghasilkan struktur kubik yang sangat kuat. Perlu diketahui bahwa kristal kubik pada batu berlian atau intan sangatlah simetris. Hal inilah yang membuatnya bisa membiaskan cahaya dengan kecepatan sama ke segala arah.

Baca juga: Patahan Lembang Berpotensi Menghancurkan Bandung

Seperti yang sempat disinggung bahwa beda intan dan berlian terletak pada proses pembentukannya. Di permukaan bumi, mineral intan sudah tidak original. Pasalnya intan terbentuk pada suhu tekanan dan suhu yang sangat tinggi di mantel bumi, tepatnya di bawah permukaan sekitar 100 mil. Sebagian besar mineral intan yang saat ini ditemukan pada dasarnya adalah hasil dari letusan gunung api yang dikirimkan melalui bawah permukaan. Magma yang berasal dari letusan gunung api menghancurkan batuan mantel yang di dalamnya mengandung intan. Selanjutnya intan dikirimkan ke permukaan bumi dalam kondisi tidak mencair. Sekedar informasi, blok batuan mantel ini dikenal dengan sebutan xenolith. Mantel ini memang mengandung intan yang sebelumnya terbentuk ketika tekanan dan suhu mantel sangat tinggi. Beda intan dan berlian memang sangat terlihat ketika membahas tentang asal usulnya. Karena kebanyakan intan umumnya dihasilkan dari proses pertambangan.

Pertambangan tersebut berisi batuan mantel atau xenolith serta sedimen aluvial. Dimana keduanya adalah hasil pelapukan dari blok batuan yang memiliki kandungan intan dan telah terkirimkan atau tertransportasi melalui media air. Seperti yang sudah di bahas terkait dengan beda intan dan berlian, berlian adalah intan yang telah dibentuk dan dipoles sehingga bisa dijadikan sebagai perhiasan.

Kini, Anda sudah bisa memahami beda intan dan berlian bukan? Demikianlah ulasan terkait dengan beda intan dan berlian. Dengan adanya informasi di atas, semoga Anda tidak kebingungan lagi saat ditanyakan tentang beda intan dan berlian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *