Peta Negara Thailand Serta Profil Lengkapnya

Posted on

Peta negara thailand memang selalu menarik untuk dibahas. Pasalnya negara ini memiliki banyak sekali daya tarik yang membuat masyarakat Indonesia selalu penasaran berkunjung dan berlibur di sana. Thailand dikenal dengan sebutan Kerajaan Thai atau dalam bahasa aslinya adalah Mueang Thai. Thailand merupakan negara di kawasan Asia Tenggara yang diketahui berbatasan dengan Teluk Siam dan Malaysia dari Selatan, Kamboja dan Laos dari timur, serta Laut Andaman dan Myanmar dari Barat. Nama Thai sendiri memiliki pengertian kebebasan. Tapi, adapula yang merujuk pada nama suku Thai.

Baca juga: Tahukah kamu Perbedaan Intan dan Berlian ?

Berdasarkan peta negara thailand, negara ini mempunyai panjang garis perbatasan sepanjang 5.673,00 km. Di Thailand, khususnya Provinsi bagian selatan seringkali terjadi konflik yang melibatkan kawasan Melayu-Muslim yang berbatasan dengan Malaysia. Peta negara thailand menunjukkan bahwa luas wilayah ini adalah 513.120,00 km2. Seluas 510.890,00 km2 adalah daratan sedangkan 0,43% sisanya adalah perairan. Kondisi tersebutlah yang membuat negara ini terkenal sebagai negara paling luas ke 52 se-dunia. Ibu Kota Thailand adalah Bangkok.

 

Lokasi Geografi Negara Thailand

Thailand memiliki wilayah geografis yang unik. Karena di wilayah tengah di dominasi oleh lembah dari sungai Chao Phraya. Di sebelah utara, kondisi geografisnya bergunung-gunung. Wilayah ini memiliki titik tertinggi pada angka 2.576 m. Titik paling tinggi ini ada di di Doi Inthanon. Sebelah timur laut negara Thailand meliputi Hamparan Khorat yang jika dilihat dari peta negara thailand dibatasi oleh Sungai Mekong di timur. Di wilayah sebelah selatan peta negara thailand terdapat wilayah Tanah Genting Kra. Wilayah ini melebar hingga ke Semenanjung Melayu.

Peta negara thailand terkait dengan iklimnya menunjukkan bahwa negara gajah putih ini memiliki iklim tropis dengan bercirikan monsun. Dalam informasi cuacanya, Thailand memiliki monsun hujan, berawan dan hangat dari arah sebelah barat daya saat pertengahan Mei serta September. Sedangkan monsun sejuk dan kering berasal dari sebelah timur laut dan muncul mulai dari November sampai dengan Maret. Peta negara thailand memperlihatkan bahwa selain Bangkok, terdapat kota besar lain seperti Songkhla, Nakhon Ratchasima, Chiang Mai, dan Nakhon Sawan.

Peta negara thailand memiliki koordinat geografis 5°-21° LU serta 97°-106° BT. Dilihat dari peta, negara yang berbatasan secara langsung dengan Negara Thailand adalah Burma, Laos, Kamboja dan Malaysia. Lokasi penting yang ada di Thailand diantaranya adalah Laut Andaman, Sungai Mekong, Gulf of Martaban, Dawna Range, Gulf of Thailand, Sungai Chi, Bilauktaung Range, Luang Prabang Range, Dangrek Range, Thale Sap, Sungai Mun, Thale Luang, Ubolratna Reservoir, Phetchabun Range, Sungai Salween, Sungai Ping, Sungai Nan, Tanen Range, Selat Malaka, Sungai Yom dan Songkhla.

Baca juga: Apa itu Silika ?

Dari peta negara thailand, diketahui bahwa negara ini mempunyai ketinggian sekitar 287 m dpl. Teluk Thailand adalah titik terendah dari negara ini. Sedangkan elevasi tertinggi ada di Doi Inthanon. Dari kondisi topografi yang ada, diketahui bahwa Thailand adalah salah satu negara pengeskpor paling besar di dunia terkait dengan produk pertanian. Tak hanya itu, hampir 60% angkatan kerja di Thailand bergerak di bidang pertanian. Memang, peta negara thailand terkenal dengan komuditi pertaniannya yang bagus. Dimana Anda bisa menemukan beras kualitas super, gula, biji-bijian, tapioka dan hasil pertanian lain yang layak untuk diekspor. Perlu diketahui bahwa negara Thailand merupakan produsen dan eksportir terbesar di dunia untuk komoditi karet, gula, beras, bibit tanaman, minyak kelapa sawit, buah-buahan dan lainnya. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan jika banyak yang tertarik dengan peta negara thailand dan hasil buminya.

 

Peta Negara Thailand dan Profilnya

Peta negara thailand dan profilnya bisa Anda lihat untuk mengetahui kondisi geografis, persebaran penduduk, lahan pertanian dan lain sebagainya. Sebab setiap negara pastinya memiliki peta tematik untuk mendeskripsikan negaranya. Peta negara thailand juga bisa menunjukkan kondisi ekonomi dan sumberdaya alam yang dimiliki oleh negara tersebut. Bagi Anda yang masih penasaran dengan peta negara thailand dan profil lengkapnya, di bawah ini adalah informasi yang bisa Anda ketahui.

 

peta negara thailand
Sumber gambar: Geologinesia.com

 

1. Pemerintahan
Thailand adalah negara merdeka yang diketahui berdiri secara tradisional pada tahun 1238. Negara ini menentukan konstitusi terakhir dan sudah diratifikasi di tahun 2017. Perlu diketahui bahwa peta negara thailand menampilkan informasi sistem pemerintahan Thailand yakni Monarki konstitusional.

2. Jumlah Penduduk
Berdasarkan data yang diperoleh dari data demografi dan peta negara thailand, negara ini mempunyai populasi sekitar 68.200.824 orang. Dari angka tersebut, tentunya dapat disimpulkan bahwa negara Thailand merupakan negara dengan kepadatan penduduk tertinggi ke 20 di dunia. Kota Bangkok adalah wilayah yang paling padat jumlah penduduknya.

3. Bahasa
Bahasa resmi Thailand adalah bahasa Thai. Negara ini memiliki etnik utama Thai dan penduduknya didominasi oleh penganut agama Budha. Peta negara thailand terkait dengan profil etnis menunjukkan bahwa negara ini sebagian besar terdiri dari etnis Lao dan etnis Thai yang jumlahnya mencapai 3/4 dari jumlah seluruh penduduk. Tak hanya itu, adapula komunitas etnis Tionghoa. Etnis ini memang memiliki peranan yang cukup besar di negara Thailand dalam bidang ekonomi. Sementara itu, etnis lain yang ada di peta negara thailand adalah Khmer, Mon, Melayu dan lain sebagainya.

4. Alam
Peta negara thailand memang terkenal dengan sumber daya alamnya yang melimpah. Thailand memiliki sumberdaya alam berupa timah, tungsten, tantalum, timbal, fluorite, gypsum, lignit, gas alam, ikan, kayu, karet dan lainnya.

5. Kondisi Ekonomi
Dari peta negara thailand terkait dengan kondisi ekonominya, diketahui bahwa negara ini mempunyai GDP $1,160,000,000,000.00 (USD). GDP per kapitanya adalah $16,800.00 (USD). Dari informasi ini, diketahui bahwa Thailand merupakan negara yang memiliki tingkat ekonomi tertinggi ke 20 di dunia. Mata uang di Thailand adalah Baht. Thailand banyak bekerjasama dalam bidang ekonomi dengan China, Jepang dan Amerika Serikat.

6. Pertanian
Peta negara thailand terkait dengan tata guna lahannya memang sangat menarik. Pasalnya negara ini populer dengan hasil pertaniannya yang melimpah dan sukses di pasar dunia. Sistem pertanian Thailand memang baik sehingga mampu menghasilkan tanaman yang berkualitas baik. Negara ini memang sangat mendukung riset serta rekayasa teknologi pertanian. Dimana dalam hal ini, Thailand melibatkan banyak pakar dan ahli dunia. Jadi wajar saja jika peta negara thailand di bidang pertanian mampu menarik perhatian negara lain. Disamping itu, Pemerintah Thailand juga memberikan proteksi pada produk pertanian. Hal ini dilakukan dengan cara memberikan subsidi dan insentif kepada para petaninya. Tidak mengherankan jika banyak penduduk di Thailand yang berprofesi sebagai petani.

Baca juga:  Patahan Lembang bisa menyebabkan Gempa Besar di Bandung

Bagaimana? Ulasan lengkap terkait dengan profil dan peta negara thailand di atas sudah sangat jelas dan lengkap bukan? Demikianlah informasi mengenai negara Thailand. Semoga ulasan kali ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *